Tips Agar Tidur Bisa Nyenyak Dan Lebih Cepat

Tips Agar Tidur Bisa Nyenyak Dan Lebih Cepat
(Sumber ilustrasi : https://clutterbusting.com/)

Umumnya manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 6 sampai 8 jam sehari. Tapi ada sebagian orang yang usianya bisa dikatakan masih muda, namun sering kali di malam harinya mereka tidur 2 sampai 3 jam, kemudian terbangun dan sulit untuk tidur kembali, maka kondisi tersebut perlu diwaspadai, karena itu artinya tubuh mulai mengalami penuaan (secara tidak normal).

Jadi di dalam tubuh kita terdapat yang namanya ritme sirkadian yang berfungsi mengatur tubuh secara fungsional dari pagi hingga malam selama 24 jam atau 1 hari. Nah pada saat usia kita bertambah tua, maka ritme ini akan mulai terganggu atau mengalami penurunan secara bertahap.

Lalu bagaimana solusinya? Jadi apabila saat ini sobat mengalami hal tersebut atau mungkin sobat ingin agar tidur sobat bisa lebih baik lagi, maka sobat perlu melakukan olahraga di sore hari.

Hal tersebut akan membuat temperatur tubuh menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan apabila sobat tidak berolahraga. Dengan demikian tubuh sobat akan memproduksi hormon adenosin yang membuat tubuh akan terasa lebih lelah dan kemudian sobat akan merasa lebih mudah mengantuk.

Namun, lakukan olahraga dengan baik dan benar secara maksimal, karena apabila olahraga yang sobat lakukan kurang maksimal maka energi sobat akan tersisa di malam hari, sehingga hal tersebut akan menyebabkan sobat mengalami sulit tidur.

Bila perlu sobat bisa mengajak orang yang paham bagaimana caranya berolahraga dengan baik dan benar untuk sekaligus mengajarkan sobat dalam berolahraga agar energi sobat benar-benar dipakai saat berolahraga dan kemudian pada malam harinya sobat bisa tidur dengan lelap.

Selain itu, sebaiknya matikan penerangan atau cahaya lampu pada saat sobat akan beranjak tidur. Hal ini akan otomatis membuat otak kita merespon dengan memproduksi hormon melatonin akibat cahaya yang masuk ke retina atau mata menjadi minim cahaya.

Hormon melatonin akan membantu tubuh sobat untuk tidur lebih lelap, dan pada saat tubuh tengah memproduksi hormon ini dengan jumlah yang cukup, maka tubuh sobat akan mendapatkan yang namanya deep sleep (tidur yang dalam atau nyenyak).

Selain itu juga hindari bermain handphone (HP) dan atau menonton televisi (TV) maupun hal-hal semacamnya, karena hal itu akan membuat produksi hormon melatonin menjadi terganggu. Sehingga banyak orang yang tidurnya tidak merasakan ketenangan akibat dari hal-hal seperti yang demikian.

Nah, jadi jika sobat akhir-akhir ini sedang mengalami sulit tidur atau tidak mendapat tidur yang berkualitas, maka silahkan coba untuk melakukan olahraga dan pada saat akan tidur matikan lampu serta hindari bermain handphone  atau semacamnya.

Sumber informasi : Dr. Sungadi Santoso

Komentar