Apa Itu Kolesterol? Dan Berbahayakah Bagi Tubuh?

Apa Itu Kolesterol? Dan Berbahayakah Bagi Tubuh?
(Sumber ilustrasi : https://www.heartfoundation.org.au/)

Kolesterol merupakan bagian penting dari setiap struktur sel tubuh manusia.

Nah bagi sebagian orang yang mempunyai tingkat kolestrol yang tinggi, tentunya asupan makanan itu perlu diperhatikan. Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari atau dikurangi dalam mengkonsumsinya dan ada pula yang baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi. Nah, lalu makanan apa saja yang baik dimakan bagi yang mempunyai kolestrol tinggi?

Sebelumnya tentu saja sobat perlu menghindari terlebih dahulu makanan-makanan yang perlu dihindari atau dikurangi porsinya untuk dimakan, dan salah satunya yaitu daging merah. Daging merah ini diantaranya adalah daging sapi dan daging kambing.

Jadi daging merah ini dapat menyebabkan kolestrol tinggi karena komposisi rasio protein dan lemak jenuhnya lebih tinggi apabila dibandingkan dengan daging ikan. Apalagi jika sobat mengolahnya dengan cara dibakar atau digoreng kemudian ditambah dengan mentega/minyak maupun bumbu-bumbu (rempah-rempah) yang tinggi lemak. Sehingga selain jenis makanannya, sobat pun perlu memperhatikan cara penyajiannya.

Dalam kasus daging merah, cara penyajiannya apakah itu dibakar, digoreng, ataukah direbus/kukus.

Apabila penyajian daging merah tersebut menggunakan cara direbus, maka akan jauh lebih baik ketimbang sobat membakar atau menggorengnya.

Namun tetap saja bagi sobat yang mempunyai kolesteol tinggi, sebaiknya porsinya dikurangi. Sedangkan bagi sobat yang normal silahkan makan secukupnya dan jangan berlebihan, sehingga tetap perlu mengontrol jumlah asupannya.

Sumber informasi : Dr. Sungadi Santoso

Komentar