Apakah Berkeringat Berarti Membakar Lemak?

Apakah Berkeringat Berarti Membakar Lemak?
(Sumber ilustrasi : https://www.healthline.com/)

Sebagian orang ada yang beranggapan bahwasanya dengan keluarnya keringat dari dalam tubuh, maka hal itu akan membuat lemak di dalam tubuh pun ikut keluar atau menjadi terbakar, sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih kurus atau langsing. Nah, apakah hal tersebut itu benar?

Sebelumnya, biar Admin menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu keringat? Mengapa kita berkeringat? Dan mengapa tubuh seseorang bisa mengalami penurunan berat badan saat setelah mengeluarkan keringat yang bercucuran pada saat melakukan olahraga tertentu?

Nah jadi sebenarnya keringat adalah cairan yang berasal dari kelenjar keringat yang terdapat di pori-pori kulit manusia. Dan keringat ini akan keluar untuk mengatur suhu tubuh atau temperatur pada tubuh dan bertujuan agar temperatur tubuh seseorang tidak terlalu tinggi.

Apabila tubuh seseorang tidak mengeluarkan keringat, maka panas akan terkumpul di dalam tubuh orang tersebut, dan pada akhirnya akan mengganggu metabolisme di dalam tubuh orang tersebut.

Pada saat seseorang berolahraga maka tubuh akan membakar kalori, akan tetapi bukan berarti lemak akan ikut keluar bersama keringat. Dan ini juga berlaku bagi mereka yang menyakini bahwa dengan berolahraga hingga mengeluarkan banyak keringat dapat mengecilkan bentuk tubuh.

Sebenarnya anggapan tersebut tidak 100% salah namun tidak 100% benar, tergantung pada jenis olahraga apa yang orang tersebut lakukan dan bagaimana pola makannya.

Bahkan sebagian orang juga ada yang melakukan olahraga di siang hari menggunakan jaket tebal untuk mamaksa tubuh agar mengeluarkan banyak keringat, dan setelahnya mereka puas karena berat badannya menurun secara drastis. Akan tetapi pada akhirnya berat badan mereka kembali naik seperti semula setelah mengkonsumsi air dan juga makanan lagi.

Sehingga apabila tubuh sobat berkeringat tanpa melakukan aktivitas fisik yang berat atau berolahraga (seperti misalnya hanya berjemur, dan kemudian keringat keluar) maka hal tersebut kemungkinan tidak akan membakar lemak dalam tubuh sobat sama sekali, melainkan itu hanyalah berupa cairan tubuh sobat sendiri.

Lemak itu sendiri tersimpan di beberapa bagian tubuh kita, seperti lemak subkutan yang terletak di bawah kulit. Kemudian ada lemak visceral yang tersimpan pada organ-organ tubuh. Lalu ada juga lemak pada pembuluh darah dan di dalam otot.

Untuk lemak subkutan dan lemak pada otot itu tidak terlalu masalah. Akan tetapi untuk lemak visceral dan lemak pada pembuluh darah, merupakan lemak yang tidak baik bahkan bisa berbahaya bagi tubuh.

Lemak visceral misalnya, dapat menyebabkan gangguan kinerja pada organ tubuh, contohnya fatty liver atau kondisi hati yang terbungkus oleh lemak, maka otomatis akan membuat jantung tidak dapat memompa darah dengan baik.

Nah, jadi intinya untuk bisa menghilangkan lemak dalam tubuh, maka diperlukan olahraga yang tepat dan pola makan yang baik dan benar, bukan seberapa banyak sobat berkeringat.

Sumber informasi : Dr. Sungadi Santoso

Komentar